Memperbaiki TV Sharp Slim Gambar Berkedip - Hiperelektro -->

Memperbaiki TV Sharp Slim Gambar Berkedip

Memperbaiki TV Sharp Slim Gambar Berkedip-hiperelektro
Kerusakan TV sharp dengan gejala gambar berkedip kedip seperti blitz foto (flicker), terus menerus. sering sekali terjadi. Dan biasanya juga di barengi suara yang juga ikut putus-putus. Gejala ini muncul ketika TV sudah dinyalakan lebih dari 10 menit, disitu saya curiga pada rangkaian IC vertikal yang mengalami panas berlebih, tapi setelah saya mengganti IC vertikal tadi, gejala gambar berkedip masih tetap sama. Sebelumnya saya juga sangat kebingungan karena baru pertama kali menjumpai TV sharp dengan kerusakan gambar berkedip seperti itu.

Akhirnya saya tanya ke teman seprofesi saya kebetulam tetangga sebelah. katanya disebabkan oleh pulsa dari trafo switching yang menuju ke IC program mengalami cacat. Nah ic program yang di gunakan TV sharp ini adalah IXC 844. Saya penasaran dan dicoba diukur menggunakan osciloscope dan ternyata betul sinyal untuk AC detector mengalami cacat/bergetar, seperti filter AC yang tidak bersih.

Lalu cara Memperbaiki TV Sharp Gambar Berkedip ini bagaimana...?

Yang saya lakukan adalah dengan memasang capasssitor filter dirangkaian AC detect, pasang capasitor 10nf antara resistor R1001 dengan ground.

Tambahan:
- Protek utama bisa di non-aktipkan dengnan melepas jumper j497
- Setting default EEPROM dengan cara menghubungkan jumper 483 dengan ground pada saat start ;dengan catatan IC memory EEPROM harus kosong
- IC SERI IXC844 telah  mengalami bebrapa kali versi /penyempurnaan yaitu: IC IXC927 => IXC688 => IXC844 => IXD062 => IXD067

Sebagai catatan:
IC yang paling atas atau terakhir bisa masuk ke versi sebelumnya namun sebaliknya versi yang lama tidak bisa dipasang ke mesin versi baru.

Misalny;  IC IXD067 bisa dipasang/mengganti  ke semua ic mulai dari ixc927/688/844/ixd062 tapi ixc844 tidak bisa untuk mengganti ixd067

Itulah tips singkat dari saya tentang Memperbaiki TV Sharp Slim Gambar Berkedip. Semoga bisa membantu teman-teman teknisi semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel