TV Akari New Da-Silva 21" Slim Tidak Menyimpan Siaran - Hiperelektro -->

TV Akari New Da-Silva 21" Slim Tidak Menyimpan Siaran


Topik kita kali ini mengenai TV Akari New Da-Silva 21" Slim dengan keluhan Tidak Menyimpan Siaran. Sebenarnya saya juga bingung sebutannya apa untuk kerusakan seperti ini. Namun secara detail kerusakannya adalah jika TV dinyalakan tekadang siaran bisa langsung muncul, namun hanya satu channel saja. Nah setelah di pindah channel kemudian balik lagi ke channel sebelumnya, maka siaran tadi jadi hilang. Bahkan auto search dan manual juga tidak bisa menangkap siaran satupun. Dari pengalaman saya sebelumnya, masalah pada siaran TV semacam ini bisa karena tuner, ic memory bahkan yang paling fatal IC chroma error. Kemungkinan yang lain adalah kesalahan setting pada mode factory.

TV Akari New Da-Silva 21" Slim Tidak Menyimpan Siaran-Hiperelektro

TV Akari New Da-Silva 21" Slim ini menggunakan IC chroma NT111PC359AG, IC memory 2W0055L, Tuner EWE-5053-V8 dan lainnya seperti IC vertikal CD7523CS, Hot D5032 dan HBT bsc 25-N0870.

Sebelumnya saya juga sempat bertanya pada pemiliknya, kok bisa sampai TV akari ini error seperti ini. Katanya karena tegangan listrik/PLN dirumahnya turun hanya sampai 160 volt yang seharusnya 220 volt. Sekarang sudah di betulin sama petugas PLN dan sudah stabil di 210 volt. Pikirku benar saja TV jadi error seperti ini tidak mau nyimpan siaran.

Baca juga: TV Akari Sakura 14" Mati Standby

Dari pada banyak tanya, langsung saya bongkar TVnya dan pemeriksaan saya awali dari cek tegangan suply ke tuner, memory dan chroma. Tapi ternyata semua tegangannya masih normal dan tidak ada masalah. Pemeriksaan berlanjut pada cek kondisi fisik komponen, siapa tau ada yang rusak. Tapi komponen masih bagus, ya iyalah TV Akari Da-Silva 21" Slim ini kan model baru, jadi komponen masih terlihat bagus.

1 jam berlalu masih tidak membuahkan hasil. saya sempat mengira bahwa tuner sudah rusak dan mau saya ganti. Kemudian saya berangkat cari tuner di toko tempat langganan saya. Eh... ternyata tuner EWE-5053-V8 tidak ada dan cari di toko lainpun juga sama, nihil. Akhirnya saya pun balik pulang dan di jalan saya sambil berfikir, kalau tuner susah didapat kayak gini bakalan repot nih... Karena sudah capek kesana-kemari. akhirnya reparasi TV Akari ini saya cancel dulu dilanjut besok saja sambil servis TV yang lain saja dulu yang hampir selesai.

Keesokan harinya saya lanjut lagi memperbaiki TV akari ini. pemeriksaan kali ini fokus pada komponen pendukung tuner dan cek lagi tegangan IF, BL, BH, VT dan AGC. Nah... disinilah ketahuan ada yang tidak beres pada jalur AGC. Setahu saya biasanya tegangan AGC normalnya sampai 3,5 volt, tapi disini hanya kurang dari 1 volt tidak mau naik sama sekali.

Akhirnya saya urut kenapa tegangan AGC bisa drop seperti itu. Ketemulah si biang kerok yaitu resistor di R726 nilainya 10 kΩ yang sudah short. Setelah saya ganti resistor R726 dari cabutan mesin bekas dan coba hidupkan TV lalu di auto search. Hasilnya siaran sudah bisa muncul semua kurang lebih 20 channel dan tersimpan.

Untung saja tidak jadi ganti tuner karena kemarin mau beli tuner di toko langganan tapi tidak ada. Ternyata yang rusak cuma resistornya bukan tuner hehehe... Sekedar saran sobat, jangan keburu ganti komponen jika belum di pastikan bahwa komponen tersebut memang rusak. Cek juga komponen-komponen pendukungnya siapa tau ada yang bermasalah seperti pengalaman saya diatas.

Sekian dulu tips dan pengalaman saya tentang TV Akari New Da-Silva 21" Slim Tidak Menyimpan Siaran. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel