Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi - Hiperelektro -->

Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi

Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi-Hiperelektro
Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi memang gampang-gampang susah. Bisa jadi sepele yaitu hanya tombol panel pada TV cina yang rusak. Atau yang lebih sering battery remot sudah habis. Tapi bisa juga disebabkan karena komponen TV tersebut sudah rusak yang mengakibatkan terganggunya beberapa kinerja TV, misalnya sensor TV tidak berfungsi. Hal ini biasa di tandai dengan tidak berfungsinya tombol panel TV. Bahkan jika remote di pencet-pencetpun tidak ada hasilnya. 

Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan tombol panel dan remot TV tidak berfungsi ini...?

Baca juga : Daftar Kode Remote Multi Dan Cara Setting

Kebetulan pengalaman ini saya dapat 2 hari lalu dengan keluhan TV seperti saya bilang diatas. TV cina ini 14" menggunakan 2 IC yaitu chroma LA76810A, IC control LC863532C dan IC vertikal D78040 dan aremote pakai 54Z4.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memastikan kenapa tombol panel dan remot tidak berfungsi yaitu pada remot. Saya ganti bettery remot dengan battery remot TV yang masih berfungsi, hasilnya nihil, itu berarti remote masih OK.

Pengecekan berlanjut pada tombol panel TV, tadinya saya kira paling cuma tombol ini yang yang sudah rusak. Tapi saya tidak langsung menggantinya dengan yang baru, tapi saya coba hidupkan TV dan saya shortkan kaki tombol P+ dengan ground pakai tespen. Ternyata hasilnya juga sama saja, TV masih belum bisa start dan led masih nyala merah.

Pemeriksaan saya lanjutkan dengan mengukur tegangan, terutama tegangan 5 volt, ternyata masih normal. Lalu saya ukur tegangan 5 volt mulai dari yang masuk ke sensor, chroma dan IC controlnya, semua udah normal.

Waduh... apanya nih, saya cancel dulu servisnya besok di lanjutin, karena sudah cukup pusing perbaikan beberapa jam tidak membuahkan hasil.

Keesokan harinya saya oprek-oprek lagi TV cina ini lagi, mumpung pikiran masih frees. Saya urut jalur sensor dan tombol panel, semua menuju ke IC control/program LC863532C. Karena kemarin sudah saya cek semua tegangan dan masih normal, tidak usah saya cek lagi.

Saya curiga sama IC control ini dan langsung saya ganti. Tapi IC control LC863532C saya tidak punya. Kalau mau beli baru, belum tentu juga TV bisa normal lagi. 

Pantang menyerah... langsung saya tanya eyang google persamaan IC ini berapa. Nah... browsing sana-sini, akhirnya ketemu deh persamaan IC control LC863532C yaitu:

- LC863516C
- LC863520C
- LC863524C
- LC863528C
- LC863540C
- LC863548C

Kebetulan yang saya punya adalah seri LC863528C, itu juga saya dapat dari mesin TV cina yang sudah tidak kepakai. Langsung IC LC863528C saya pasang. Harap-harap cemas nih...

Kemudian TV cina saya coba hidupkan sekali lagi, jbreet... lampu led langsung bisa nyala hijau dan bisa start dengan normal. Tombol panel dan remotepun juga sudah bisa berfungsi.

Alhamdulillah... akhirnya sembuh juga TV cina ini dan bisa gajian juga, senangnyaaa.....!

Itu tadi pengalaman saya Memperbaiki TV Cina Panel Dan Remote Tidak Berfungsi. Semoga tips di atas bisa bermanfaat.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel