Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala - Hiperelektro -->

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala


Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala-Hiperelektro

Untuk Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala solusinya memang gampang-gampang susah. Meskipun kenyatannya nanti hanya di sebabkan hal yang sepele. Bagi anda yang baru belajar mengenai reparasi TV saya yakin pasti bakal kebingungan. Kenapa saya bilang begitu...? ya karena awalnya dulu saya juga seperti itu, masih belum paham betul dimana harus memulai pemeriksaan.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kerusakan TV tidak bisa nyala seperti ini. Bisa jadi kerusakannya karena protek, tidak ada tegangan sama-sekali atau bahkan kerusakan komponen vital. Dari beberapa kasus yang sudah saya temukan kira-kira seperti tadi.


Lalu bagaimana untuk mengatasi TV yang tidak bisa nyala/mati seperti ini...?

Ada langkah-langkah awal yang harus anda ketahui untuk bisa menemukan apa penyebab kerusakan TV tidak bisa nyala. Anda bisa memulai proses perbaikan seperti berikut ini:

1. Periksa kondisi fisik komponen
Berubahnya kondisi fisik komponen pada TV sudah jelas akan mempengaruhi kinerjanya. Misalnya elco mengembung/kering karena umur sudah lama atau karena letaknya dekat panas. Bisa jadi resistor gosong/kebakar karena tadinya ada arus balik, short atau kena beban berat. Jika komponen tadi letaknya di blok regulator, maka regulator tidak akan bisa berfungsi dengan baik, bahkan seluruh tegangan output akan menjadi 0 volt.

2. Periksa tegangan output regulator
Jika tahap pertama setelah dilakukan pengecekan tidak ada masalah, lanjutkan pemeriksaan pada semua tegangan dari output regulator. Regulator berfungsi untuk mensupply semua tegangan yang di butuhkan. Diantaranya:

- 5- 12 volt yang mensupply blok IC croma dan IC micro control (yang di butuhkan 5-8 volt)
- 24-30 volt yang mensupply blok IC vertikal , tuner dan power audio.
- 90-185 volt mensupply blok horizontal, flyback dan CRT (tabung).

Dari pengalaman saya, penyebab TV Tidak Bisa Nyala sama-sekali, penyebabnya adalah regulator tidak bisa bekerja dengan baik yang akhirnya tidak bisa menghasilkan tegangan. Biasanya, kerusakan utama regulator adalah pada transistornya, Fet atau pada ic STR.

Jika pada pemeriksaan tegangan ini tidak diremukan masalah, maka lakukan langkah selanjutnya.

3. Periksa beberapa area/ blok TV

Komponen TV dibagi menjadi beberapa bagian penting, inilah yang harus anda pahami. Dengan memahami bagian-bagian TV diharapkan akan mepermudah proses perbaikan anda. Area penting ini misalnya:
- Regulator ( yang sudah saya jelaskan di atas)
- Flyback
- Horizontal
- Vertikal
- Control/program/chroma
- Audio power
- Tuner, dan lainnya

Jika semua langkah di atas masih belum membuahkan hasil, maka anda harus melepas satu-persatu komponen pada blok/area seperti diatas tadi terutama komponen yang dicurigai rusak. Kebanyakan inilah yang membuat kita malas untuk melakukannya kerena memang sangat menyita waktu. Namun saya yakin dengan proses ini kerusakan TV tidak bisa nyala akan teratasi.

itulah tips singkat dan sederhana bagaimana Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala. Semoga bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel