TV Cina WCOM Suara Sangat Kecil Meski Volume Maximal - Hiperelektro -->

TV Cina WCOM Suara Sangat Kecil Meski Volume Maximal

TV Cina WCOM Suara Sangat Kecil Meski Volume Maximal

Problem TV cina WCOM kali ini adalah suara /sound tidak bisa keras meskipun volume sudah pada posisi maximal. Siapa sih yang tidak kenal sama mesin TV cina WCOM ini, semua teknisi elektronik khususnya TV sudah pasti tahulah. Mesin TV WCOM merupakan mesin TV multi yang bisa di pasang pada semua jenis TV tabung/CRT. Bukan hanya itu saja, mesin WCOM ini juga bisa dipasang pada TV berukuran 14" sampai 21" (umumnya).

Banyak yang bilang bahwa mesin TV WCOM ini mudah sekalu mengalami masalah atau cepat sekali rusak. Bagi saya, soal awet atau tidaknya TV tergantung dari segi pemakaiannya saja. Namun saya sebagai seorang teknisi TV memang sering menemukan TV cina WCOM ini rusak. Entah itu karena faktor pemakaian atau segi komponen yang kurang bagus dan lainnya. Kerusakan yang terjadi juga berbagai macam mulai dari gambar hilang suara ada, gambar cuma segaris, nyala sebentar lalu mati dan beberapa tidak saya sebutkan.

OK, kita langsung pada pokok pembahasan saja supaya tidak kepanjangan nantinya.

Baru tadi pagi ada seseorang membawa TV Cina, saya lupa merknya apa yang jelas memakai mesin  WCOM. Katanya Suaranya Sangat Kecil Meski Volume sudah Maximal tetapi gambar masih normal. Lalu saya langsung coba nyalakan tvnya biar lebih jelas permasalahannya seperti apa. Ternyata benar suaranya tidak bisa keras dan suaranya hampir tidak bisa terdengar karena terlalu kecil.

Langkah pertama yang saya lakukan yaitu dengan masuk pada mode factory, barangkali ada data yang berubah. Kerusakan semacam ini juga sering terjadi karena data pada menu factory ada yang berubah. Setelah pengecekan ternyata datanya masih normal terutama pada bagian Volume. Karena langkah pertama tidak membuahkan hasil, lanjut ke langkah kedua yaitu pemeriksaan komponen mesin TV tersebut, tentunya dengan dibongkar dulu.

Pemeriksaan saya fokuskan pada blok power sound/audio yang menggunakan ic UTC 2003. Saat tv nyala rupanya ic UTC 2003 yang nempel pada heatsink ini langsung panas/over. Saya coba cek tegangan untuk blok power sound terlihat normal 15 volt, saya kira cukup. Kemudian saya ganti yang baru, ternyata gejala tv masih sama suaranya tidak mau keras tetapi. Tetapi panas pada heatsink tadi sudah normal, mungkin ini tandanya ic UTC 2003 sudah bekerja.


Yang membuat saya bingung disini jika ic memang sudah bekerja seharusnya suara sudah bisa keras, Ini malah sama saja seperti sebelumnya. Cek komponen pendukung lainnya seperti transistor mute juga masih normal. Saya urut jalur audio sampai ke ic chroma tidak ditemukan masalah. Bahkan saya coba menggunaka amplifier portable suaranya normal meski volume dikecilkan dan dibesarkan.

Pengecekan lebih saya fokuskan lagi pada blok power karena saya yakin bagian ini yang bermasalah. Setelah periksa sana sini akhirnya ketemulah komponen yang menjadi masalah ini yaitu elco16 v/470 uf yang ke speaker. Saya coba ukur dengan multiteste elco tersebut tidak ada masalah.

Saya ganti elco tadi, lalu coba nyalakan TV, jbreeet... gambar sudah muncul coba colokkan antena. Volume saya keraskan, lho kok masih nggak mau bunyi, waduuh apa lagi nih. Matikan TV elah dalah, ternyata soket kabel speaker belum nancap ketempatnya, hehehehe... Saya nyalakan lagi TVnya, dan byar gambar muncul beserta suara yang sangat keras sampai volume 70 karena tadi lupa belum saya kecilkan volumenya. Teknisi juga manusia biasa yang masih bisa lupa hehehe...

Itulah sedikit pengalaman saya tentang bagaimana cara mengatasi pada TV Cina WCOM Suara Sangat Kecil Meski Volume Maximal. Semoga bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel