Cara Memperbaiki TV LG Yang Gambarnya Hilang - Hiperelektro -->

Cara Memperbaiki TV LG Yang Gambarnya Hilang

Cara Memperbaiki TV LG Yang Gambarnya Hilang-Hiperelektro



Beberapa hari yang lalu saya kedatangan dua TV LG sekaligus yaitu LG 14" dan LG 21" Slim. Kedua TV ini punya keluhan yang sama yaitu TV gambarnya hilang. Mengenai kerusakan gambar hilang ini, ada berbagai macam penyebabnya, bisa jadi karena hal yang sepele. Tapi biarpun itu sepele/ringan tetap saja yang namanya kerusakan pasti akan menggangu kinerja TV.



TV LG yang pertama saya bongkar adalah LG 21" Slim.

Awalnya sih saya pede banget bisa dengan cepat menemukan dan menyelesaikan kerusakan TV LG Slim ini. Karena saya sudah sering menemukan kerusakan seperti ini. Paling-paling cuma karena ada beberapa solderan pada kaki komponen yang retak. Lalu saya coba hidupkan TV sebentar, ternyata benar TV LG Slim ini gambarnya memang hilang tapi suaranya tetap ada. Saat saya start tadi, layar TV masih sempat ada kilatan cahaya putih di pojokan layar. Setelah itu langsung saya matikan TV nya dan mulai tahap pemeriksaan. Setelah saya bongkar TV nya dan saya cek kondisi solderannya ternyata kondisinya masih bagus semua. Benar saja, TV LG 21" Slim ini kan masih merupakan TV model baru, ya nggak mungkinlah solderannya retak. Apalagi TV ini jarang di pakai kata pemiliknya, otomatis tidak sering kena panas karena pemakaian.

Pemeriksaan berlanjut pada cek kondisi komponen dan secara fisik komponen masih terlihat bagus dan normal. Kemudian saya periksa semua tegangan di kaki flybacknya. Lagi-lagi saya tidak menemukan adanya masalah dan semuanya normal. Hmmm...! kira-kira apa penyebabnya ya...?

Karena tadi saya tidak menemukan adanya kerusakan atau tegangan yang drop pada mesin TV LG tadi, saya lanjutkan pada pemeriksaan di soket CRTnya. Harap-harap cemas kalau memang di sini nanti letak kerusakannya, bisa-bisa nyampek ke tabung nih.

Kemudian saya coba hidupkan TV kedua kalinya karena tadi lupa nggak melihat filamen heater nyala. Setelah saya hidupkan TVnya, ternyata fileman heater masih nyala. Bahkan saya cek tegangan 180v untuk RGB masih normal. Katoda RGB juga normal semua dan terakhir cek tegangan Screen atau G2 ternyata 0 volt, hmm.. ini mungkin penyebabnya.


Lalu saya matikan tv dan coba lepas modul Matrix RGB. Saya nyalakan lagi, cek tegangan G2 keluar 150 volt. Saya matikan lagi dan langsung saja saya ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter dengan posisi selektor x1k, waah ternyata jarum meter bergerak, ini artinya pin G2 CRT sudah short ke pin G1. Pasti ini penyebabnya...

Sebenarnya gangguan pada pin G2 dengan G1 short pada CRT Slim 21" seperti ini sering terjadi, Nah...tegangan pada grid Sreen yang drop akan mengakibatkan layar menjadi gelap dan hanya suara saja yang muncul.

Langsung ketahap bagaimana cara memperbaiki TV LG yang gambarnya hilang karena G2 dengan G1 short.

Caranya dengan menembak pin G2 dengan menggunakan tegangan yang cukup besar yakni 150/180 volt atau bahkan lebih. Agarsupaya lebih yakin lagi, cek ulang hubungan antar pin CRT mulai dari kiri ke kanan atau searah dengan jarum jam N.C / G1 / KG / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C. Pada kasus ini, tetap saja mendapati kenyataan bahwa G2 memang sudah short ke G1 (ground). Menembak G2 yang short memang memiliki resiko yang tinggi yaitu jika kurang hati-hati maka akan merusak CRT (tabung  TV). Maka dari itu, diperlukan persiapan sebagai berikut:

1. Lepaskan kabel screen, kapasitor screen dan kabel fokus disoket CRT.
2. Ambilah seutas kabel dan saklar on/off mekanik.
3. Solderkan ujung kabel tadi ke titik Screen kaki soket CRT dan ujung kabel yang lainnya di solderkan pula pada kaki saklar on/off mekanik
4. Sedangkan kabel fokus yang tadi sudah di lepas dari soket CRT, solderkan di kaki saklar on/ off yang satunya lagi .

Tujuan menggunaka saklar on/off mekanik adalah sebagai putus-sambung secara singkat aliran tegangan fokus. Tegangan fokus yang nantinya akan di tembakkan ke titik Screen supaya grid G2 bisa terlepas dari grid G1.

Tahap penembakan atau penyuntikan G2

Pertama, gunakan tegangan fokus terlebih dulu, sebab tegangan fokus yang di hasilkan saat FBT/flyback bekerja bisa mencapai 500 volt lebih. Tujuannya untuk merontokan kotoran debu halus yang mungkin menempel ada pada grid G2 ataupun grid G1. Inilah tadi yang saya bilang resiko tinggi (tabung/CRT bisa rusak).

Kemudian tancapkan kembali soket RGB yang sudah terakit pada saklar on/off di CRT, cek ulang sekali lagi supaya tidak ada yang salah dan terlewatkan.  kemudian tarik nafas yang dalam.... Tangan kiri standing di saklar TV sedangkan tangan kanan standing di saklar fokus.

Nyalakan TV sekali lagi, tunggu mesin sampai start

star dengan sendirinya dan selang kurang dari 2 detik, lalu aktifkan saklar fokus sesaat dan langsung matikan saklar tadi. Dan langsung segera matikan TV.

Keterangan:
Jangan sampai terlalu lama grid G2 di aliri tegangan tinggi. Jika tabung memang sudah rusak sih nggak apa, tapi kalau masih berfungi kan sayang akibat pengerjaan tadi.

Jika tahap tadi sudah di lakukan dngan benar, maka sudah di pastikan gambar akan kembali muncul dengan normal (jika tabung/CRT memang tidak rusak). Sebaliknya jika gambar tidak muncul juga berarti tabung sudah rusak, mau nggak mau ya harus diganti.

TV LG 21" Slim sudah selesai diperbaiki tingal TV LG yang 14" seperti yang saya bilang diatas.

Untuk TV LG 14" ini keluhannya memang sama seperti pada TV LG 21" Slim di atas yaitu gambarnya hilang atau layar cuma gelap saja. Tapi disini saya menemukan kerusakan yang lain karena G2 masih normal. Setelah saya sana-sini ternyata filamen layarnya tegangannya ternyata 0 volt. Saya perhatikan di filamen layar memang sama sekali tidak menyala.

Langsung saja saya periksa  jalurnya, ternyata memang benar ada resistor yang putus dekat flybacknya, Karena nilai resistornya sudah tidak bisa dibaca lagi maka saya ganti dengan nilai resistor 2,2 ohm 2 watt. Kemudian saya hidupkan lagi TVnya, dan byaaarr....gambarnya pun sudah nyala dengan normal.


Mungkin ini hanya sebagian kecil saja penyebab dari TV LG Yang Gambarnya Hilang. Dan bisa jadi selain ini masih banyak penyebab lain yang perlu di pelajari.

Itulah sedikit tips dari saya tentang Cara Memperbaiki TV LG Yang Gambarnya Hilang, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel