Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG - Hiperelektro -->

Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG

Selamat siang sobat Hiperelektro, ketemu lagi dengan saya yang akan membahas seputar elektronika, khususnya tentang reparasi TV. Kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana cara mengatasi Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG. Pada topik sebelumnya, saya juga sudah membahas tentang Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas. Sperti yang kita tahu, kerusakan semacam ini kebanyakan di akibatkan karena kinerja bagian vertical kurang maksimal/tidak normal. Kebetulan yang akan saya jadikan contoh adalah TV LG dengan Chassis MC 994a.

Sebenarnya kerusakan TV ini sebelumnya adalah Susah Hidup. Mesti tombol Power sudah di pencet berulang kali tetap gak bisa nyala bahkan bisa sampai 30 menit. Setelah saya memperbaiki kerusakan yang membuat TV susah hidup dengan mengganti beberapa Elco besar yang sudah agak kembung. Termasuk elco di bagian Vertical yang pada TV LG biasanya 35v/2200uf.

Setelah elco di bagian Vertical yang agak rusak tadi saya ganti, lalu saya hidupkan TVnya... jbree…t, TV sudah langsung bisa nyala. Tapi ada masalah lain muncul yaitu Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar (melintang), seperti Gambar dibawah ini:

Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG

Saya sempat bingung juga sih dengan kerusakan Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV seperti ini. Maklum baru pertama kali saya menemui kerusakan semacam ini. Yang lebih bingungnya lagi, kata pemiliknya jika TV sudah nyala, gambarnya masih bagus seperti tidak ada kerusakan sama sekali alias normal. Nah…lo…puyeng dua kali kan saya jadinya.

Selanjutnya saya periksa kembali beberapa elco yang sudah saya ganti tadi, terutama elco besar di blok vertical. Akhirnya ketemu juga biang keroknya yang menyebabkan Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar. Ternyata Elco di dekat IC Vertical  yang saya pasang tadi short kaki negatif ke GND. Saya pikir jalur di PCBnya memang nyambung, langsung saya jamper dengan kabel. Tapi ternyata seharusnya tidak sambung ke GND, lantaran jalur sudah kabur dan gak jelas gitu. Kira kira sperti inilah penampakan PCB yang saya maksud:



Sekian penjelasan dari saya tentang Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar TV LG, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel