Cara Mudah Pasang Gacun TV Polytron U-Slim 21" - Hiperelektro -->

Cara Mudah Pasang Gacun TV Polytron U-Slim 21"

Cara Mudah Pasang Gacun TV Polytron U-Slim 21"

Gacun merupakan regulator portable dan multi guna yang biasa digunakan sebagai pengganti regulator asli TV. Bukan hanya bisa di pasang pada TV, tapi juga bisa dipasang pada DVD, Speaker aktif dan lainnya yang menggunakan regulator jenis ACmatic/tidak menggunakan trafo. Cara pemasangannyapun juga sangat mudah, hanya tinggal memutus semua jalur yang berhubungan dengan rangkaian primer regulator aslinya saja. Namun bagi pemula terkadang ada yang masih kebingungan dengan bagaimana cara memasang gacun ini, terutama pada TV polytron U-Slim 21".

Beberapa waktu lalu saya juga sempat browsing di internet mengenai cara pasang gacun pada TV polytron slim. Ternyata yang saya dapatkan tutorialnya agak sedikit rumit dari yang sudah saya praktekkan. Beberapa komponen ada yang di putus, diganti bahkan ada penambahan komponen. Namun karena kendala keterbatasan komponen yang saya punya, akhirnya saya tidak mengikuti tutorial tersebut, menurut saya ini terlalu ribet.

Saya juga membaca beberapa komentar pada sebuah group di medsos bahwa ada yang masih ragu tentang bisakah regulator gacun ini jika di pasang pada TV polytron U-slim 21". Kemungkinan yang di takutkan oleh teman teman teknisi ini adalah belum tahu akibat jika salah melakukan pemasangan gacun ini. Hal itu wajar, karena jika ada kesalahan pemasangan akan ada komponen lain yang tadinya tidak ada masalah malah terbakar malah rusak.

Lalu saya coba membantu untuk menjawabnya "tentu saja bisa, bahkan saya tidak menambahkan komponen lain pada cara ini". Untuk bagaimana caranya adalah serperti di bawah ini:

Cara Mudah Pasang Gacun TV Polytron U-Slim 21"

TV polytron ini menggunakan ic HBT 01-01G, vertical LA78141, horizontal C6092, FBT JF0501-19587, fet regulator 7N65C. Gejala awal adalah tv mati total, perbaikan regulator bagian primer tidak membuahkan hasil karena terkendala komponen yang susah di dapat di tempat saya. Akhirnya pilihan terakhir jatuh pada penggantian rangkaian primer dengan regulator portable/gacun. Silahkan ikuti lanhkah di bawah ini:

1. Lepas/angkat fet 7N65C/ic 501 (wajib)
2. Lepas R534 (resistor penghubung B+ 300 volt)
3. Lepas D531
4. Lepas L503
5. Lepas R524 dan R525
6. Lepas D517
7. Lepas R538 (yang terhubung ke ground/2A dan cut putuskan jalurnya dari elco besar 400volt/220uf)
8. Lepas ic 502 (bagian optocopler)
9. Lepas R514 (dari tegangan 50 volt, jika tidak dilepas maka C514 akan meledak karena tegangan over sampai 60 volt)

Memasang kabel merah, hitam dan biru pada gacun

1. Kabel merah sambungkan pada colector (lubang bekas kaki tengah fet 7N65C yang sudah di angkat tadi)
2. Kabel hitam di hubungkan pada ground hot
3. Kabel biru di hubungkan pada bagian optocopler gunanya sebagai penerima tegangan umpan balik (boleh dipasang boleh tidak)

Lihat gambar biar lebih jelas

Beberapa komponen yang harus di lepas

Tahap percobaan

- Lepas/cut jalur B+ flyback dan TR horizontal. Jika tidak mau repot lepas saja R813, maka tegangan B+ flyback dan TR horizontal akan terputus.
- Untuk mengantisipasi jika tejadi kesalahan misalnya tegangan B+ over melebihi 115 volt, putar dulu trimpot pada gacun sampai arah jam 8-9. Kemungkinan saat TV di hidupkan, maka tv tidak akan bisa start karena memang tegangan B+ masih kurang. Saat itulah coba di ukur tegangann B+nya ada berapa.
- Matikan tvnya dan putar trimpot gacun searah jarum jam sedikit demi sedikit sampai didapat tegangan B+ yang seharusnya yaitu 115 volt. Saran saya jika mau putar trimpot sebaiknya TV dalam keadaan mati supaya lebih aman.

Jika memang tidak ada kerusakan lain selain blok regulator, seharusnya TV sudah bisa nyala sempurna jika mengikuti langkjah di atas. Karena kebetulan, kerusakan tv yang saya temui ini bukan hanya dari blok regulatornya saja, melainkan ada blok lain yang juga kena imbas dari rusaknya regulator ini. Dari pertama TV polytron U-slim ini datang kerumah sudah dalam keadaan terbuka casing belakangnya, kata yang punya baru diambil dari teknisi lain yang kemungkinan tidak sanggup atau alasan lain.

Mungkin itu sedikit tips dari pengalaman saya tentang bagaimana Cara Mudah Pasang Gacun TV Polytron U-Slim 21". Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel