Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018 - Hiperelektro -->

Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018

Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018. Bagaimana merakit power amplifier Stereo? tersebut yang dulu admin pelajari masa-masa admin mulai mengenal Dunia elektronika, maklum dulu admin memang awam mengenai elektronika, dan sesudah mempelajari nya dengan betul-betul maka admin telah dapat merakit suatu Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner, empiris ini admin dapatkan dari informasi teman-teman yang kebetulan sama-sama kegemaran dalam bidang Elektronika.

Dari situ kami bertukar empiris dan admin mulai bertanya satu demi satu sampai pada kesudahannya admin pun dapat paham dan mengerti. Dan laksana yang sudah diketahui pada lazimnya terdapat sekian banyak  jenis power amplifier yang terdapat di pasaran laksana halnya :

Power Amplifier 150 watt

Power Amplifier 200 watt

Power Amplifier 400 watt

Power Amplifier 500 watt

Power Amplifier 1000 watt

Power Amplifier 2000 watt

Power Amplifier 5000 watt dan beda sebagainya.

Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018

Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018
Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018

Berkaitan dengan urusan ini maka admin bakal berbagi empiris tentang teknik merakit Power Amplifier dan inilah ini ialah alat-alat atau bahan-bahan yang mesti dipersiapkan sebelum mulai perakitan Power Amplifier.


1. STEREO TUNER FM



2. KIT TONE CONTROL STEREO



3. KIT POWER OCL STEREO



4. TRAFO CT



5. BOX POWER AMPLIFIER



Siapkan pun bahan dan alat-alat lainnya laksana power supply, Dioda Kuprok, Jack AC, dan beda sebagainya.

Bila alat-alat di atas telah ada atau tersedia, maka cara-cara dan tahapan -langkahnya kesatu yang mesti di lakukan ialah solder kabel listrik ke unsur AC Trafo 0 – 220V dan hubungkan kabel listrik itu ke Power Switch on/off(saklar).

Selanjutnya Hubungkan output trafo unsur DC (18V-0-18V) ke kuprok dan elco, kemudian dihubungkan lagi ke PCB Power Ocl Stereo. Rangkaian Power Amplifier menggunakan penguat final / transistor final yang berbeda-beda / berfariasi antara lain menggunakan ( TIP2988- TIP3088 ) ( MJ2955-2N3055 ) ( SANKEN SA1216-2C2922 ) ( MOSFET C5198-A1941 ) ( MOSFET 2SA1943-2SC5200 ) .

Dalam pemasangan tegangan – 0 + jangan sampai terbalik, andai terbalik Power Ocl Stereo dapat rusak / terbakar !!! Hubungkan output Power Ocl Stereo ke warna merah terminal speaker dan 0 = 0V atau GND (ground) dihubungkan ke warna hitam.

Kemudian jajaki test hasil solderan anda tadi colok kan kabel listrik ke listrik dan On kan Switch-nya kemudian sentuh unsur input Pcb Power Ocl Stereo. Bila terdapat suara yang keras pada speaker maka rakitan anda benar dan teruskan ke tahapan selanjutnya, tidak boleh lupa Power Amplifier Ocl Stereo nya di beri pendingin yang besar untuk nya supaya TR nya tidak panas lebih baik lagi andai di kasih kipas juga.

Hubungkan input dc Stereo Tuner Fm ke ke elco (-,+) Power Supply (+18V) lebih bagus lagi diberi IC regulator 7812, sebab Stereo Tuner Fm cuma memerlukan tegangan dc 12V. Output dari IC 7812 juga dapat di hubungkan / di pakai guna Tone Control, susunan asesoris lainnya.

Beri pendingin pun pada IC 7812 atau dapat juga di tempel kan pada box Power Amplifier Stereo bila kamu hendak bass dan treble nya lebih tajam / hadir maka kamu dapat menambah perlengkapan yang beda seperti susunan Galaxi, Turbo Bass atau yang beda dari sejenisnya perlengkapan ini usahakan dan lebih bagus andai di pasang sebelum Tone Control.

Jika tahap itu sudah berlalu hubungkan ouput Tone Control ke input Power Stereo Ocl. Dan input Tone Control dihubungkan ke output Galaxi sementara input Galaxi dihubungkan ke output Stereo Tuner Fm. Jika seluruh tahap demi etape sudah anda lewati tidak boleh langsung di usahakan dulu pastikan seluruh hasil solderan atau rakitan anda 100% benar dan tidak terdapat yang bersangkutan singkat (konsleting).

Bila semuanya anda sudah yakin dan 100% benar kamu dapat mencobanya colok kan pulang kabel listriknya ke listrik rumah anda dan ON kan saklar Power Amplifier Ocl Stereo nya. Putar tidak banyak volume pada Tone Control kemudian putar pun Stereo Tuner Fm cari gelombang dari Stereo Tuner Fm maka lampu indikator Stereo Tuner Fm bakal menyala tersebut menandakan Stereo Tuner Fm telah bekerja atau bermanfaat dan pastinya akan menerbitkan gelombang-gelombang dari pemancar Fm.

Dan bila telah ada gelombang nya kamu dapat menambah volume Power Stereo atur treble atau bass sesuka anda yang terpenting tidak boleh sampai over (berlebihan) itu dapat mengakibatkan speaker cepat rusak.

Demikianlah informasi Tips Cara Merakit Power Amplifier 400W Sendiri 2018, semoga ulasan kali ini dapat meningkatkan wawasan anda dan pun semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel