(TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC - Hiperelektro -->

(TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC

(TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC. Inverter merupakan suatu rangkaian elektronika yang bermanfaat untuk merubah (mengkonversi)  tegangan DC (searah) menjadi tegangan AC (bolak balik).

Tegangan DC yang masuk ke rangkaian akan dikonversi menjadi tegangan AC dan mengeluarkan kekuatan Watt sesuai komponen dan juga skema rangkaiannya. Besarnya kekuatan Watt ini terlampau tergoda oleh ukuran dan tipe komponen yang digunakan.

Apabila kami idamkan sebabkan inverter DC ke AC ini maka kami pun perlu skema yang akan kami memakai sebagai acuan didalam sebabkan inverter sendiri. Rangkaian inverter ini perlu tegangan input yakni 12 Volt DC yang biasa berasal dari aki. 

(TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC
(TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC
Andai saja di rumah kami sedang berlangsung pemadaman listrik oleh PLN maka inverter ini bisa kami jadikan alternatif cadangan pengganti listrik PLN. Cara membuatnya pun tidaklah sukar dan tentu saja bersama dengan biaya yang terjangkau. Apabila kalian dambakan membuat inverter ini, maka tersebut adalah daftar komponen yang wajib di persiapkan :

Bahan-Bahan Membuat Inverter 230 VAC.
  • 1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere.
  • 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin.
  • 2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt


Apabila bahan-bahan diatas telah tersedia maka tersebut ini adalah skema urutan inverter 12 VDC ke 230 VAC. 



Dari skema di atas output atau keluarnya tegangan AC adalah 230 volt 300 watt. Apabila inginkan tingkatkan volt dan watt nya maka sanggup tingkatkan kuantitas transistor dan juga memakai trafo yang Ampere nya besar.

Pada skema di atas terkandung Resistor dengan ukuran 690 Ohm dan kemungkinan kami kesusahan meraih Resistor tersebut di toko elektronika. Dengan perihal tersebut maka kami sanggup mengganti Resistor 690 Ohm dengan ukuran 2k2 Ohm atau 2200 Ohm 3 buah dan disambung secara paralel.

Untuk 2 buah Resistor 690 Ohm maka Resistor 2k2 Ohm yang di perlukan adalah sebanyak 6 buah. Sementara cara menyambung paralel Resistor tersebut sanggup perhatikam gambar di bawah : 


Hati-hati di dalam mengerjakan atau di dalam coba rangkaian di atas sebab output nya adalah tegangan tinggi 230 Volt. Jangan hingga kita menyentuh bagian output  atau nampak tegangan 230 Volt tersebut.

Demikian pembahasan tentang (TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC. Semoga informasi kali ini dapat menaikkan wawasan kitadan juga dapat berfaedah untuk kita semua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel