TV Cina Gambar Tiba Tiba Hilang Tapi Suara Ada - Hiperelektro -->

TV Cina Gambar Tiba Tiba Hilang Tapi Suara Ada

TV Cina Gambar Tiba Tiba Hilang Tapi Suara Ada

Kerusakan gambar hilang tetapi suara masih ada pada TV cina memang sering kali terjadi. Bukan
hanya pada TV cina saja, namun TV merk lain seperti polytron, LG, sharp atau lainnya juga sering kali terjadi. Kerusakan semacam ini juga bisa disebabkan oleh berbagai macam bentuk, misal G2 short, jalur video bermasalah, fileman heater tidak nyala,horizontal tidak bekerja atau masalah lainnya. TV cina ini menggunaka ic tunggal R2J10190HA-A00DD dan ic vertikal LA78040B.

Namun kerusakan TV cina yang saya temui kali ini sedikit berbeda dan masalah ini terbilang baru buat saya. Gejalanya kira kira seperti ini:
- Pertama TV di nyalakan gambar dan suara masih normal
- Beberapa detik kemudian, gambar tiba tiba hilang/blank hitam tapi suara masih ada
- Lalu sesaat gambar muncul lagi dan hilang lagi 
- TV terus dinyalakan, lalu gambar hilang seterusnya 
- Jika TV dimatikan dan dinyalakan kembali maka gejala diatas terus terulang

Pada saat gambarnya hilang, flyback tidak mau nyembur (seperti start dan tidak start) tapi suara normal. Hal ini menandakan bahwa pada blok horizontal ada masalah. Pemeriksaan pertama pun saya fokuskan pada blok horizontal.

Baca juga penyebab lain TV Suara Normal Tapi Tidak Ada Gambar

Cek tegangan output regulator 12 volt, B+110 volt dan lainnya masih normal. Kemudian cek bagian horizontal, pada colektor TR hot saat gambar masih nyala terukur normal, saat gambar hilang terukur 95 volt. Lho... kok turun ya tegangannya saperti standby, tapi suara kok masih terdengar nyaring. Mungkin ini yang menyebabkan flyback tidak mau nyembur.

Karena gejala kerusakan semacam ini baru buat saya, jadilah saya puyeng tujuh keliling di buatnya, hehehe... Satu jam sampai sehari tidak membuahkan hasil akirnya saya cancel dulu sambil menyelesaikan service tv lainnya, karena kebetulan baru datang satu TV lagi. 

Keesokan harinya saya lanjutkan lagi pemeriksaan TV cina ini. Masih pada blok horizontal, penggantian komponen saya coba seperti dioda, resistor dan kapasitor saya lakukan. Sampai sampai saya coba ganti flyback hasil cabutan dari TV cina lain pun juga saya lakukan. Tapi tidak membuahkan hasil, gejala TV masih sama.

Tapi saya tidak mau nyerah, saya browsing di internet dan menemukan beberapa tutorial yang hampir sama dengan kerusakan TV cina ini. Dan itu langsung saya praktekkan pada service saya. Saya ikuti tutorial tadi dan setelah pengecekan di ketemukan pada jalur tegangan 12 volt kedapatan bermasalah. Meskipun jika tegangan tersebut di tes dengan multitester masih terlihat normal. 

Setelah saya urut jalur tersebut di temukan transistor V508 yaitu C2383 sedikit error, di tes pakai multitester tidak ada tanda short/masih bagus. Letak transistor ini dekan ic vertikal dan  biasanya ada 2 transistor dengan seri sama yang berjejer yaitu V507. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

TV Cina Gambar Tiba Tiba Hilang Tapi Suara Ada

Setelah saya lakukan penggantian transistor V508 : C2383 tadi, TV saya coba nyalakan, hasilnya gambar dan suaranya langsung normal dan gambarnya sudah tidak hilang lagi. Meski masih ada sedikit gangguan lain pada vertikalnya yaitu gambar kurang penuh bagian bawah sekitar 4 cm blank hitam.

Untuk kerusakan pada bagian vertikal TV cina ini akan saya bahas pada kesempatan berikutnya. Setidaknya masalah gambar tiba tiba hilang pada TV cina ini sudah teratasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel