Cara Memperbaiki TOA Amplifier Masjid Tidak Berbunyi (MATI) - Hiperelektro -->

Cara Memperbaiki TOA Amplifier Masjid Tidak Berbunyi (MATI)

Cara Memperbaiki TOA Amplifier Masjid Tidak Berbunyi (MATI). Amplifier merk TOA telah sangat umum sekali di pasaran, khususnya di masjid-masjid banyak yang pengeras suaranya manfaatkan amplifier tipe ini.  Pada artikel kali ini aku dapat share tutorial melakukan perbaikan ampli TOA bersama dengan kerusakan mati tidak mampu mengeluarkan suara tetapi lampu indikator power menyala.

Dibawah ini adalah foto ampli TOA  ZA 2060 yang dapat kami perbaiki :


Berikut beberapa langkah untuk melakukan perbaikan ampli TOA ZA-2060 yang mati :

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama adalah siapkan seluruh peralatan servis yang dibutuhkan seperti AVO Meter, Solder, Timah, Attractor (penyedot timah), dan obeng.

2. Memastikan Kerusakan Amplifier

Sebelum melaksanakan bongkar-bongkar, sebaiknya pastikan dulu kerusakannya secara fisik luar dan melaksanakan tes simpel apakah benar ampli berikut mati atau cuma semata-mata ada kabel / konektor yang aus. Apabila tidak ada masalah secara fisik, melaksanakan pengukuran terhadap keluaran output audio ampli toa manfaatkan AVO Meter skala AC 250/1000V. Caranya pakai probe positif dan negatif terhadap keluaran output dan berikan triger terhadap input aux manfaatkan obeng jika jarum bergerak kekanan bermakna ada output yang muncul kerusakan mampu jadi terhadap kabel yang menyambung pada ampli bersama dengan speaker horn atau speaker hornnya yang rusak, jika tidak bergerak kekanan mengikuti langkah selanjutnya.

3. Membongkar Amplifier 


Selanjutnya terlepas seluruh baut tutup box atasnya, dan angkat tutupnya. berikut isi dalaman ampli

4. Memeriksa Komponen Sekring/Fuse


Setelah terbongkar, yang kudu dicek pertama adalah komponen sekring/fuse. terhadap tipe TOA ZA-2060 ini ada 2 sekring yang terpasang kamu mampu menyaksikan di gambar yang aku beri sinyal panah di bawah ini :
Pada masalah kali ini, ditemukan 1 sekring yang putus supaya kudu diganti.

5. Memeriksa Transistor Final (Penguat Akhir)


Pada tipe ampli TOA ZA-2060m ada 2 buah transistor penguat akhir yaitu tipe C5198, untuk memeriksa transistor tetap bagus atau tidak Anda kudu melepas ke-2 transistor ini.

Untuk mengecek transistor tetap bagus atau tidak kamu mampu manfaatkan AVO meter. Dari hasil pemeriksaan ke-2 transistor ditemukan 1 buah transistor yang rusak supaya kudu diganti. Berikut penampakan transistor yang rusak.



6. Pengujian
Setelah sekring dan transistor yang rusak diganti, langkah terakhir adalah melaksanakan pengujian. Pengujian mampu dilaksanakan bersama dengan manfaatkan AVO mtr. seperti yang telah dijelaskan terhadap step 1 di atas.

Sekian tips dan tutorial Cara Memperbaiki TOA Amplifier Masjid Tidak Berbunyi (MATI),semoga bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel