TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus - Hiperelektro -->

TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus

TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus

Postingan saya kali ini adalah tentang bagaimana cara mengatasi TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus. Tutorial ini saya ambil tentu saja dari pengalaman servis saya sendiri seperti sebelum sebelumnya. 

TV polytron ini milik seseorang dari desa sebelah yang tidak begitu jauh dari rumah saya. Sehari sebelumnya pemilik TVpolytron ini bolak balik datang kerumah mencari saya. Namun kebetulan waktu itu saya memang sedang tidak ada di rumah. Baru keesokan harinya dia datang lagi kerumah mencari saya dan akhirnya kami bertemu. Pemilik tv ini bilang bahwa TVpolytron miliknya tiba tiba tidak ada gambarnya dan suaranyapun juga hilang cuma lampunya saja yang kelip kelip.

Kemudian saya bilang mungkin TV bapak ini mati standby. Dia tanya standby itu apanya yang rusak mas. Terus saya jawab, ya harus dibongkar dulu TV nya supaya bisa tahu komponen apa yang rusak. Karena bapak ini tidak bisa membawa TVnya ke tempat saya, mungkin takut jatuh. Akhirnya saya disuruh ngambil TV nya buat di servis, bila perlu di bongkar langsung di rumahnya.

Tapi saya pikir mendingan di bawah pulang saja karena memang saya juga masih ada pekerjaan servisan TV lain. Akhirnya tv pun saya bawa pulang untuk dilakukan pemeriksaan. Malam harinya TV polytron ini baru saya bongkar. Setelah casing belakang di buka dan mesin saya bersihkan, lalu saya amati fisik komponen terutama elco dan resistor yang kiranya sering bermasalah. Sebelumnya saya sempat beranggapan bahwa kerusakan tv yang ditandai dengan lampu indikator berkedip kedip biasanya program atau data service/factory bermasalah. Namun tidak ada salahnya mengecek komponen terlebih dulu, siapa tahu kerusakan ini hanya disebabkan hal yang sepele.

Setelah pemeriksaan fisik komponen tidak terlihat adanya komponen yang mencurigakan seperti elco yang kembung atau resistor yang terbakar. Selanjutnya cek tegangan regulator semuanya masih stabil (posisi standby). Lalu saya cek tegangan B+ flyback ternyata 0 volt, padahal tegangan out B+ dari regulator tadi masih normal.

Kemudian saya periksa komponen yang berhubungan dengan jalur B+. Disinilah saya menemukan kejanggalan yaitu pada resistor keramik dengan nilai 5 W 6,8Ω J yang sudah putus. Akhirnya tegangan dari regulator tidak bisa diteruskan ke flyback B+. Lalu resistor ini saya ganti dengan nilai yang agak besar yaitu 5 W 7Ω J.

TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus

Setelah penggantian resistor tadi, TV polytron ini saya coba nyalakan, jbreeet... TV Polytron langsung nyala sempurna dan lampu indikator sudah tidak berkedip lagi. Akhirnya langsung ketemu komponen yang rusak penyebab kerusakannya. Saya cek tegangan B+ sekali lagi dan terukur 115 volt. Saya coba biarkan tv nyala 15 menit tetap normal. Kemudian saya tutup kembali casing belakangnya dan siap nunggu gajian, hehehe...

Itu tadi sedikit pengalaman saya mengenai TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus. Semoga bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel