Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas - Hiperelektro -->

Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas

Hallo sobat setia Hiperelektro, di kesempatan kali ini saya masih akan membahas tentang TV yang cacat verticalnya. Itu juga merupakan salah satu kerusakan pada bagian vertical. Namun kali ini, ada jenis kerusakan lain yaitu Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas mungkin sekitar 6-7 garis melintang. Pada rangkaian verticalnya menggunakan IC Vertical LA78040. Seperti yang kita ketahui pada IC LA78040 hanya menggunakan 1 VCC yaitu +24volt. Kerusakan seperti ini sudah sering sekali saya temui dalam reparasi TV saya. Lihat gambar berikut ini:

Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas

Munculnya garis-garis pada layar TV seperti di atas sudah jelas menunjukkan bahwa kerusakan ada pada bagian vertical. Biasanya kerusakan semacam ini di sebabkan karena kering/rusaknya elco pada Pin Pump-up IC  yang terkonek pada VCC. Biasa nilai elconya antara 100uF dan 220uF. Dari pengalaman saya, setelah saya ganti elco pum-up tadi, hasilnya gambar TV kembali normal seperti sedia kala. Jika sobat masih bingung di mana letak elco pump-up tadi. Saya juga sudah membuatkan skema rangkaian vertical menggunakan IC LA78040 dengan 1 VCC yaitu +24v. Berikut skemanya:

Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas

Dengan melihat skema rangkaian vertical diatas, semoga sobat bisa mengetahui letak elco pum-up atau yang lain.

Sekian tips dari saya tentang Gambar TV Bergaris-Garis Bagian Atas, semoga oroses perbaikannya bisa terselesaikan ya sobat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel