Cara Menggunakan Multitester Model Analog - Hiperelektro

Cara Menggunakan Multitester Model Analog

Hallo sobat, masih suka belajar bukan...?, karena sekarang saya akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan Avo Meter dengan benar.

Pada dasarnya suatu alat sangatlah di butuhkan dalam pengerjaan elektronika dan salah satunya adalah Avo Meter atau multitester, disamping memudahkan dalam pengerjaan juga dapat di pastikan lebih akurat.

banyak sekali ragam bentuk dari Avo Meter ini, namun pada dasarnya Avo Meter  sendiri di bagi menjadi dua bagian yaitu Analog dan Digital. Tapi sobat, pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang cara membaca Avo Meter Analog.


Berikut adalah salah satu gambar Multitester Analog :
Di dalam Avo Meter sendiri di bagi menjadi beberapa fungsi yaitu :

1. Ohm Meter yang berfungsi sebagai pengukur hambatan resistor. Adapun fungsi lain dari ohm meter adalah sebagai mengetahui kondisi kelayakan suatu komponen.
2. Ampere Meter yang berfungsi sebagai pengukur arus namun dalam skala yang cukup kecil.
3. DC Volt yang berfungsi sebagai pengukur tegangan DC dari sebuah sirkuit elektronik.
4. AC Volt yang berfungsi untuk mengetahui tegangan AC pada sebuah sirkuit elektronik. 

Cara membaca Ohm Meter :
Pertama kita pindah range pada fungsi ohm meter kemudian tempelkan kedua ujungtaspin Avo ke tiap ujung komponen yang di inginkan, dengan catatan kedua ujung kabel pada avo tidak bloeh sambung karena hal ini dapat menyebabkan tidak terdeteksinya komponen itu sendiri.
Untuk fungsi AC Volt, DC Volt dan Ampere Meter cara membacanya hampir sama, perbedaanya ada pada apa yang akan kita ukur yaitu tegangan arus listrik.

Dari cara pembacaan di atas masih banyak fungsi Avo Meter yang lain, tentunya Avo Meter yang berbeda tipe dan model.  

Sekian dulu trik dan tips dari saya tentang Cara Menggunakan Multitester Model Analog, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Selamat mencoba.