Cara Mengukur Berapa Nilai Resistor Dengan Multitester - Hiperelektro

Cara Mengukur Berapa Nilai Resistor Dengan Multitester

Cara Mengukur Berapa Nilai Resistor Dengan Multitester
Resistor merupakan salah satu bagian komponen penting dalam sirkuit elektronik dan resistor sendiri mempunyai peranan yang sangat penting yaitu berfungsi sebagai hambatan arus.

Berdasarkan bentuknya dan proses pemasangannya pada PCB, Resistor terdiri 2 bentuk yaitu bentuk Komponen Axial/Radial dan Komponen Chip. Untuk bentuk Komponen Axial/Radial, nilai resistor digambarkan oleh kode warna atau yang biasa kita sebut Gelang / Cincin sehingga kita harus mengetahui cara membaca dan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam warna tersebut sedangkan untuk komponen chip, nilainya diwakili oleh Kode tertentu sehingga kita lebih mudah dalam membacanya.

Banyak bentuk lain dari resistor yang saat ini telah di kembangkan, namun pada dasarnya tetap kegunaan resistor adalah sama yakni sebagai hambatan.

Ada berbagai cara untuk bisa mengetahui besar kecilnya nilai sebuah resistor; salah satunya yaitu dengan cara menghitung warna gelang / cincin dan tentunya kita harus hafal betul nilai masing masing warna gelang / cincin tersebut. Cara ini mungkin sedikit memakan waktu dan jarang dipakai oleh sebagian teknisi.

Adapun cara lain untuk mengukur nilai resistor yaitu dengan cara memakai Avo Meter, cara ini banyak di gunakan oleh sebagian teknisi karena disamping tidak membutukkan waktu lama juga memudahkan kita mengetahui nilai resistor tersebut.


Perlu kita ingat bahwa satuan resistor adalah Ohm (Ω)

Tabel dibawah ini adalah warna-warna gelang / cincin yang ada di Tubuh Resistor :

Cara Mengukur Berapa Nilai Resistor Dengan Multitester

Sekian sobat sedikit trik cara mengukur nilai pada resistor semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Salam : Hiperelektro