Cara Mengatasi TV Tidak Bisa start - Hiperelektro -->

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa start

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa start

Pada dasarnya kerusakan TV ada banyak sekali macamnya tergantung jenis komponen apa yang menjadi penyababnya. Bisa jadi komponen-komponen ini mengalami sort, terbakar, putus pada kaki-kaki dan mungkin penyebab lain seperti terputusnya jalur pada oboard / PCB. Daya tahan sebuah komponen memang sulit sekali di tebak atau diprediksi secara akurat, kenapa.....? karena daya tahan komponen ditentukan oleh bagaimana cara penggunaannya. Dari yang saya ketahui komponen yang terbilang mempunyai kualitas paling baikpun bisa mengalami kerusakan dalam kurun waktu yang relatif singkat, namun sebaliknya komponen yang mempunyai kualitas rendah bisa bertahan lebih lama. Hal ini sering menjadi masalah bagi sebagian orang karena biasanya cara pokok dalam memilih suatu komponen berdasarkan kualitasnya.

Keterangan di atas mungkin hanya sebagian kecil pada umunya, namun yang jelas kejelian dan ketelitian kita juga ikut menentukannya.

Sebuah pesawat televisi bisa dikatakan dalam kondisi baik apabila pada waktu kita menyalakan TV mulai dari pertama menghidupkan / start sampai kita mematikan / off tidak mengalami masalah. Tapi apabila dalam langkah tadi kita mengalami masalah maka sudah dapat dipastikan bahwa TV dalam keadaan tidak normal. Salah satu jenis kerusakan TV yang sering ditemui adalah pada saat kita akan menghidupkan TV ternyata tidak bisa Start dengan normal, saat itu pula biasanya timbul pertanyaan " apalagi yang rusak TV ini".Untuk sebagian orang mungkin setiap hari mengotak-atik komponen TV pasti sudah tahu komponen apa yang rusak dan meyebabkan TV tidak bisa start, namun tidak jarang pula orang yang masih awam atau bahkan tidak tahu sama sekali penyebab kerusakan tersebut. Di kesempatan kita kali ini saya akan coba mengajak anda untuk belajar memperbaikinya.
Sesuai denga judul artikel saya diatas, Sekarang sudah saatnya kita membahasnya.

perhatikan langkah-langkah berikut ini :

1. Lepas casing belakang TV, tujuannya untuk memudahkan kita dalam memperbaikinya.
2. Bersihkan bagian mesin TV agar mudah mengetahui komponen apa yang rusak.
3. Periksa masing-masing tegangan arus yang keluar dari regulator, apakah masih normal atau tidak.
4. Periksa juga jalur pada onboard / PCB jika ada yang putus atau tidak konek lakukan penyambungan kembali da jika ada timah patrian yang lepas lakukan penyolderan ulang.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa start

5. Cek komponen pada blok atau area IC Croma karna disitulah perintah awal start TV dimulai yaitu dengan cara mengukur tegangan arus pada IC tersebut yang besarnya 5 -12 Volt. 

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa start

6. Cek transistor yang meghubungkan start output dari IC croma ke plyback, jika ada kerusakan ganti.
7. Langkah terakhir adalah sesudah kita cek semua mulai dari pengukuran tegangan  arus sampai penggantian komponen yang rusak, kini saatnya melakukan pengetesan apakah TV sudah bisa menyala dengan normal atau belum, jika masih belum lakukan pemeriksaan tadi yang lebih spesifik lagi.

Langkah-langkah diatas hanya sebagian kecil saja, namun jika dilakukan dengan benar TV akan bisa di hidupkan dengan normal kembali. Kerusakan ini juga hanya salah satunya saja dari sekian banyak macam kerusakan TV, dan tentunya banyak pula cara untuk memperbaikinya. Dari sinilah saya tidak bosan-bosannya membagi tips dan trik.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu berkunjung ke blog saya dan semoga anda terus belajar karena belajar ada jembatan meuju keberhasilan.

Tetap semangat, terus mencoba dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel