Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran - Hiperelektro -->

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Kebanyakan kerusakan televisi disebabkan oleh komponen tertentu yang menjadi penunjang kinerja dari pesawat televisi itu sendiri, akibatnya kinerja televisi menjadi terganggu atau error. Kerusakan-kerusakan komponen ini tidak selalu ditandai dengan perubahan bentuk seperti terbakar, putus dan lain sebagainya, dengan kata lain bisa dilihat dengan kasat mata.Yang menjadi masalah atau kendala bagi sebagian orang adalah terjadinya kerusakan komponen namun tidak mengalami perubahan bentuk alias tidak bisa dilihat dengan kasat mata atau biasa di sebut sort. Biasanya komponen yang mengalami perubahan bentuk terjadi karena arus balik atau terletak pada area yang cenderung mengalami panas secara terus menerus. Sedangkan komponen yang mengalami sort sebagian besar diakibatkan oleh arus yang kurang stabil. Komponen tersebut memang terlihat sepele tapi kenyataannya sebuah komponen sekecil apapun mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kinerja televisi.

Dari sekian banyak komponen yang ada pada rangkaian atau mesin TV, bisa kita golongkan menjadi beberapa bagian dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Salah satunya adalah komponen yang mengatur freqwensi gelombang atau siaran pada TV.

Kenapa saya ambil contoh bagian tersebut, itu karena siaran TV menjadi hal paling pokok yang bisa dinikmati dari sebuah pesawat televisi. Namun apa jadinya jika siaran TV tidak bisa muncul, tentu sudah dapat dipastikan kenikmatan dan kepuasan menonton TV akan sangat terganggu. Hal inilah yang membuat saya ingin berbagi ilmu dengan sobat semua tentang bagaimana cara menmperbaiki TV yang tidak bisa menangkap siaran.

Baik sobat, langsung saja kita bahas tutorialnya :
  1. Periksa kembali siaran TV terlebih dahulu dengan cara Auto Search atau Manual pada menu TV, siapa tahu kerusakan terjadi hanya pada programnya saja.
  2. Periksa komponen yang mingkin sudah aus atau putus pada kaki-kakinya. karena tidak menutup kemungkinan kerusakan inilah yang menyebabkan terganggunya siaran TV.
  3. Periksa jalur penghubung pada bagian Tuner dan bagian lain yang berhubungan dengan Tuner termasuk timah patrian karena sering kali lepas.
  4. Periksa tegangan arus (B+) yang masuk ke Tuner biasanya antara 12 volt.
  5. Periksa tegangan arus AGC pada tuner dengan cara auto search ulang tv, jika tegangan AGC berjalan naik dari angka dari 0 sampai 3,3 volt berarti tuner masih dalam keadaan baik atau layak pakai namun jika sebaliknya tegangan tuner tidak berjalan sama sekali atau bejalan tapi angkanya tidak maksimal sampai 3,3 sudah turun kembali maka tuner tersebut sudah rusak dan harus diganti yang baru.
  6. Periksa juga komponen IF nya karena komponen inilah yang berfungsi mengunci freqwensi yang dihasilkan tuner.
  7. Jika sebelum perbaikan kita sudah melakukan pengecekan dengan cara auto search namun hasilnya siaran TV masih belum muncul kita lakukan lagi pengecekan seperti tadi namun sekarang TV dalam keadaan sudah diperbaiki. Hal ini dimaksudkan agar perbedaan sesudah dan sebelum perbaikan dapat terlihat.
Sekian tips dari saya tentang cara memperbaiki televisi yang tidak bisa menangkap siaran,semoga apa yang sudah saya share tadi bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Sekali lagi terima kasih sobat sudah mengunjungi dan membaca artikel saya, senang rasanya bisa berbagi ilmu dengan sobat semua, kita bertemu di artikel lain saya sobat.
Selamat mencoba dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel