Cara Memperbaiki Video Tidak Muncul Pada TV LCD - Hiperelektro -->

Cara Memperbaiki Video Tidak Muncul Pada TV LCD

Cara Memperbaiki Video Tidak Muncul Pada TV LCD

Sebenarnya video yang ada pada TV LCD dan pada TV CRT (tabung) tidak muncul ini, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Namun pada kasus ini saya mendapati gambar hanya muncul layar biru, putih. OK langsung saja nih, perhatikan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memeriksa serta cara memperbaiki agar video bisa muncul lagi pada layar TV.

Langkah pertama adalah periksa dulu dengan teliti dan pastikan itu bukan masalah dari sumber vidoe (kotak kabel DVD player dll) atau masalah koneksi seperti kabel yang longgar antara sumber vidoe dan TV.

Setelah kamu yakin bahwa sumber dan koneksi ke TV dalam kondisi baik maka bisa diteruskan pemeriksaan kebagian lainnya. Tidak ada video dapat juga disebabkan karena kegagalan papan inverter, tapi kasus seperti ini jarang terjadi pada TV LCD, seperti biasanya sirkuit umpan balik TV akan mematikan TV dalam hal kegagalan board inverter.

Baca juga: Cara Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih

Perhatikan dengan seksama pada di TV jika layar adalah hitam tetapi kamu dapat melihat jenis video saat mendekati layar, kemungkinan besar penyebabnya adalah board inverter, tapi juga bisa disebabkan karena kapasitor elektrolit sudah rusak di board PSU.

Jika kamu yakin bahwa lampu backlight menyala dan hanya nampak layar kosong pada OSD (On Screen Display) kemungkinan besar terdapat masalah pada tuning (seperti tuner digital gagal) pada mainboard. Atau yang paling sederhana seperti yang salah masukan pengaturan/settingan dalam menu misalnya seperti perlu untuk beralih dari antena ke kabel.

Hal ini juga bisa terjadi karena VPU tidak bagus atau IC lain di mainboard, periksa semua mainboard dan IC tegangan utama dan pastikan mereka berada dalam toleransi. Jika kamu menggunakan koneksi coaxial pada tuner, juga mungkin tuner rusak.

Apabila kamu telah memeriksa jelas seperti pengaturan menu maka kamu harus mengikuti prosedur untuk memeriksa mainboard. Salah satunya adalah dengan upgrade firmwarenya, kadang-kadang tidak munculnya video juga dapat disebabkan oleh controller board yang tidak normal (tidak ketika OSD terlihat). Periksa untuk melihat apakah fuse.sekering pico pada controller board telah putus atau sudah berubah/meningkat nilai ohm menjadi tinggi, jika terjadi cobalah untuk mengganti jika mengganti sekering terbuka. Apabila sekering yang putus tadi sudah di ganti, namun setelah dicoba sekering putus kembali, berarti ada komponen yang korslet atau bermasalah.

Jangan lupa untuk mencari masalah koneksi solder di mainboard atau jack pack. Ketika mencari solusi karena video dan audio yang tidak muncul. Seringkali ada retakan solder, penyebabnya karena seringnya  kabel yang didorong dan ditarik keluar dari konektor kabel video atau kabel.

Artikel berkaitan: TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada

Jika fuse pico baik-baik saja dan kamu telah meyakini sinyal output dari mainboard telah diperiksa dengan benar, ada baiknya mengganti beberapa komponen Elco dan IC pada mainboard sekaligus. Ingatlah untuk memeriksa semua kapasitor elektrolit pada mainboard.

Itu tadi singkat tips tentang Cara Memperbaiki Video Tidak Muncul Pada TV LCD yang bisa saya jelaskan. Semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel