TV Suara Normal Tapi Tidak ada Gambar - Hiperelektro -->

TV Suara Normal Tapi Tidak ada Gambar

transistor power amplifier built up rangkaian kapasitor cara mengukur kapasitor ac fungsi kapasitor ac ukuran kapasitor ac sistem kapasitor rangkaian ac fungsi elco pada motor jenis polyester fungsi kapasitor milar pada power supply fungsi kapasitor pada power supply transistor power amplifier built up transistor jenis transistor 12v transistor lampu philips transistor toshiba vs sanken pcb maker pcb ac samsung pcb layout pcb way pcb layout design
Sebenarnya ada banyak kemungkinan penyebab kerusakan tv ada suara namun tidak ada gambar. Kerusakan ini sering terjadi pada tv model-model baru yang bahkan cukup bermerk. Entah kenapa kualitas tv sekarang tidak sebagus kualitas tv jadul. Namun yang jelas, kerusakan tv bisa saja terjadi meski pada tv bermerk dan baru beli sekalipun. Salah satu kerusakan yang sering di keluhkan adalah TV Suara Normal Tapi Tidak ada Gambar/gelap. Memang tidaklah mudah mencari penyebab kerusakan seperti  ini. Tapi jangan kuatir sobat, kali ini saya akan coba menjelaskan salah satu penyebab tv suara normal tapi tidak ada gambar sama sekali dari pengalaman servis tv saya.

TV Suara Normal Tapi Tidak ada Gambar

Beberapa waktu lalu, saya ada job memperbaiki tv dengan keluhan seperti yang saya sebutkan di atas tadi. Kata pemiliknya, tv tersebut sudah digunakan sekitar 1 tahunan dan baru pertama kali mengalami kerusakan. Tanpa pikir panjang, saya pun mencoba menyalakan tv tadi. Ternyata memang benar tvnya Cuma ada suara saja. Tapi ada yang ganjil disini yaitu pada saat tv start masih ada kilatan cahaya kecil di tiap pojokan layar. Awalnya saya sempat kewalahan dan kebingungan dengan kerusakan tv ini. Pasalnya setelah saya periksa seluruh komponen, saya tidak menemukan komponen yang rusak atau short alias semua masih baik-baik saja, mulai dari jalur video out, heater dan lainnya. 

Saya tidak mau menyerah disini dan saya terus melakukan pemeriksaan lagi. Hingga akhirnya saya menemukan penyebabnya yaitu terjadi short pada G2 CRT. Sebenarnya saya masih ragu-ragu, apakah benar G2 yang Short  menjadi penyebabnya. Mau tidak mau saya harus mengambil resiko dengan menghubungkan sekejap (asal sentuh) tegangan 180 volt pada G2. Hasilnya, gambarnya bisa muncul dengan normal dan lebih senangnya lagi, saya bisa gajian deh....
transistor power amplifier built up rangkaian kapasitor cara mengukur kapasitor ac fungsi kapasitor ac ukuran kapasitor ac sistem kapasitor rangkaian ac fungsi elco pada motor jenis polyester fungsi kapasitor milar pada power supply fungsi kapasitor pada power supply transistor power amplifier built up transistor jenis transistor 12v transistor lampu philips transistor toshiba vs sanken pcb maker pcb ac samsung pcb layout pcb way pcb layout design
Mungkin kamu penasaran apakah tegangan 180 volt aman untuk G2…?  Dan apakah ada cara khusus untuk teknik penyambungannya…?

Fungsi tegangan 180 volt yang di masukkan ke G2 adalah untuk merontokkan debu halus yang mungkin ada di dalam CRT. Tentu saja jika tegangan 180 volt terhubung dengan G2 selama lebih dari 2 detik saja, maka tabung (CRT) akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Itulah kenapa saya bilang harus mengambil resiko kerusakan tabung CRT jika kurang hati-hati. Berikut gambar letak G2 crt:

TV Suara Normal Tapi Tidak ada Gambar

Berikut teknik khusus menyambungkan tegangan 180 volt ke G2 yaitu: 
1.Lepaskan kabel Screen dan Focus pada CRT dan pastikan tidak ada kabel yang menyentuh komponen lain.
2.Ambil seutas kabel dan solder pada tegangan 180 volt (terserah ambil dari jalur mana saja). Agar lebih aman gunakan dioda kecil di ujung kabel.
3.Hidupkan TV sampai bisa start.
4.Hubungkan kabel dari tegangan 180 volt tadi ke G2 secara singkat (asal sentuh saja).
5.Matikan TV.
6.Pasang kabel Screen dan Focus seperti semula dan jangan lupa lepaskan kabel dari tegangan 180 volt tadi.
7.Nyalakan TV dan lihat hasilnya.

Jika meski langkah dia atas sudah kamu lakukan tapi hasilnya sama seperti sebelumnya, maka sudah bisa di pastikan bahwa tabung (CRT) tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru. 
transistor power amplifier built up rangkaian kapasitor cara mengukur kapasitor ac fungsi kapasitor ac ukuran kapasitor ac sistem kapasitor rangkaian ac fungsi elco pada motor jenis polyester fungsi kapasitor milar pada power supply fungsi kapasitor pada power supply transistor power amplifier built up transistor jenis transistor 12v transistor lampu philips transistor toshiba vs sanken pcb maker pcb ac samsung pcb layout pcb way pcb layout design
Sekian ulasan dai pengalaman saya tentang memperbaiki TV Suara Normal Tapi Tidak ada Gambar, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel