Cara Memasang Rangkaian Protector Speaker di Power - Hiperelektro -->

Cara Memasang Rangkaian Protector Speaker di Power

Protector Speaker merupakan rangkaian electronik yang berfungsi melindungi speaker dari hentakan yang kuat dari power Amplifier saat pertama dihidupkan. Rangkaian protector ini sering dipasang di dalam power amplifier berdaya besar. terutama biasa di pakai pada power jenis OCL. Cara kerjanya adalah pada saat pertama power amplifier di nyalakan, arus output power akan masuk ke rangkaian ini terlebih dulu sebelum diteruskan ke speaker, dan pada hitungan detik Relay dirangkaian perotector ini akan menyala. Fungsi dari relay pada rangkaian protector ini adalah sebagai saklar antara power modul dan loudspeaker)

Cara Memasang Rangkaian Protector Speaker di Power
Rangkaian Protector
Cara memasang protector ini sangat mudah, yaitu:
1.Sambung input arus DC 12 volt- 18 volt sebagai tegangan suplaynya.
2.Hubungkan line input protector ke line out Power amplifier.
3.Hubungkan line out protector ke terminal out power amplifier.

Periksa sekali lagi sebelum anda coba, setelah semuanya sudah terpasang dengan benar lalu tes rangkaian tersebut (gunakan multitester pada skala Ohm ). Nah… pada saat protektor bekerja, colokkan ujung kabel tester antara Line input dengan Line output (input L dengan output L atau input R dengan output R). Jika jarum pada tester bergerak ke kanan atau menunjukkan angka,  Itu artinya protector bekerja dengan baik.

Baca juga: Cara Merakit Power Amplifier Berdaya Tinggi

Salah satu pertanyaan dari sobat hiperelektro

Setelah saya baca komentar di bawah, ada salah satu sahabat yang bertanya
"kalau pcb 0.sama tulisan speaker, terus klw ambil setrum nya dari trapo 2a langsung atau pake VDC dulu, terus ct nya ambil dari situ juga atau dari trafo besar. Dan saya sudah coba gak bisa hidup juga, saya minta kalau ada skema nya tolong di muat. klw 0 nya di sambung kemna ya."

Saya akan coba mulai menjawabnya:
1. Tulisan (0) di papan PCB artinya untuk ground, sama dengan tulisan 0/CT di trafo, itu juga ground
2. Jika tidak memakai trafo 2 amp, tegangan bisa di ambil dari trafo besar yaitu 12 vDC (bukan vAC). Caranya dengan membuat regulator 12 voltDC. Fungsinya mengubah arus 12 volt AC menjadi 12 volt DC.
3. Kalau belum bisa hidup berarti anda kurang tamvan...hehehe...bercanda.
4. Dibawah ini skema rangkaian protektornya:

Cara Memasang Rangkaian Protector Speaker di Power

Jika anda masih mengalami kesulitan menganai Cara Memasang Rangkaian Protector Speaker di Power, bisa langsung menghubungi saya melalui contact atau menulis di komentar sesuai keluhan anda. Saya akan mencoba membantu menyelesaikan permasalahan anda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel