Rangkaian Adaptor Sederhana 12 Volt - Hiperelektro

Rangkaian Adaptor Sederhana 12 Volt

Rangkaian Adaptor Sederhana 12 Volt

Perlu kita ketahui bahwa sistem pengecasan / canger di bagi menjadi dua bagian yaitu sistem canger yang menggunakan tranformerless dan menggunakan rangkaian resistor atau di sebut AC Matic. Pada pembahasan kali ini saya akan coba membahas tentang Rankaian power supply / canger AC Matic.
Rangkaian power supply 12 VDC ini dibuat tanpa menggunakan transformator step-down pada umumnya. Proses menurunkan tegangan AC 220 volt digantikan menggunakan rangkaian resistor dan kapasitor. Rangkaian power supply 12 volt DC tanpa travo ini cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Aplikasi dari power supply 12 volt transformer less ini dapat ditemui pada balast lampu neon hemat energi. Gambar skema dan daftar komponen untuk membuat rangkaian power supply 12 volt tanp travo ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Adaptor Sederhana 12 Volt

Gambar diatas dapat memberikan tegangan output = 12 volt DC yang stabil. Tegangan AC 220 volt diturunkan menggunakan konfigurasi resistor, kapasitor dan dioda zener. Resistor berfungsi untuik menurunkan arus agar tegangan AC 220 volt tersebut dapat diturunkan menggunakan dioda zener. Setelah diturunkan tegangan AC tersebut kemudian disearahkan menggunakan dioda bridge dan kapasitor elektrolit. Tegangan DC output rangkaian penyearah kemudian diturunkan menjadi 12 volt DC menggunakan dioda zener.

Tegangan output rangkaian power supply 12 VDC tanpa travo ini bisa di katakan masih merupakan tegangan AC oleh karena itu tidak boleh disentuh dengan tangan, karena akan terjadi sengatan listrik. hal ini disebabkan output rangkaian power supply ini terhubung langsung ke jaringan AC 220 volt. Rangkaian power supply 12 volt DC tanpa travo pada gambar diatas merupakan rangkaian power supply rangkaian lampu emrgency yang digunakan untuk melakukan pengisian baterai pada lampu Emergency.

Sekian dulu dari saya sobat, terima kasih telah menginjungi blog saya. semoga tips tadi bisa bermanfaat bagi anda semua dan selamat mencoba.