Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati - Hiperelektro -->

Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati

Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati

Tadi pagi saya ada servisan TV Polytron Slim 21" Cristaline dengan kerusakan Nyala Sebentar Lalu Mati lagi alias standby. Saat saya coba nyalakan tv ini memang benar bisa nyala sempurna namun hanya dalam hitungan detik. Lebih tepatnya saat tv di start logo polytron baru muncul langsung mati lagi/standby, begitu seterusnya. Jika di amati saat tv nyala tadi tidak ada tanda tanda gambar cacat misal gambar menciut, garis garis atau lainnya. Bahkan jika diamati fisik komponen juga tidak ada yang mencurigakan dan semua komponen terlihat masih bagus. Solderan komponen juga tidak luput dari pemeriksaan saya, disini memang ada di beberapa bagian yang solderannya agak kendor atau retak.

Karena gejala kerusakan seperti ini masih baru buat saya, langsung browsing lewat hape jadul kesayangan. Ternyata gejala kerusakan semacam ini sudah umum terjadi pada tv polytron slim, nyala sebentar lalu mati. Wah wah wah...! rupanya saya sudah ketinggalan jauh hehehe...

Di internet saya baca baca tutorial/topik semacam ini, ternyata yang saya dapat malah tambah puyeng. Gimana nggak puyeng sob, banyak gejala kerusakan yang mungkin sama dengan yang saya temukan, tapi penanganannya pun berbeda beda. Hampir semua tutorial yang saya baca sudah saya praktekkan, hasilnya wow... sama saja hehehe...

Karena saya capek berselancar di internet mencari solusi bagaimana mengatasi kerusakan tv Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati ini. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan insting berburu saya sendiri dan pengecekan lebih jauh pun saya mulai.

Pertama yang saya lakukan cek lagi tegangan out regulator B+ 115 v dan lainnya saat start sesaat ternyata masih normal normal saja. Kemudian saya cek tegangan out dari kaki flyback video 185 v, 12+ v dan 12- saat start juga masih normal. Waduh... ini yang rusak apanya sih...? tanya dalam hati. Tapi saya nggak mau nyerah sampai disini saja, karena saya yakin nanti juga bakal ketemu si biang kerok.

Saya teringat sistem protek pada tv polytron slim atau model lain kebanyakan terdapat pada blok vertikal. Meski pada blok lain misal horizontal, tuner dan power ampifier juga terpasang. Perburuan pun berlanjut pada bagian vertikal, babat satu persatu komponen pada blok vertikal. Singkat cerita di tengah pemeriksaan saya menemukan 2 elko yang kering yaitu c 402 dan c411 nilainya sama 50v/1uf. elko ini letaknya dekat dengan ic vertikal dan terpasang berdekatan pula. Kemudian saya ganti elko ini dua duanya dan coba nyalakan tv polytron ini.


Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati

Harap harap cemas, Jbreeet... tv start, logo polytron nongol... lhaaa... ternyata udah nggak mati lagi. Alhamdulillah akhirnya bisa gajian juga sob. Coba nyalakan tv beberapa kali dan sampai beberapa waktu gejala Nyala Sebentar Lalu Mati ini tidak kambuh lagi, saya pasang tutup belakangnya dan nunggu pemiliknya ngambil tv polytron ini. Emang... sob hasil tidak membohongi usaha hehehe...

Jadi kemungkinan elko ini bisa kering karena letaknya yang sangat dekat dengan heatsink ic vertikal. Seperti yang kita tahu bahwa blok vertikal pada tv polytron slim ini memang sangat panas. Ya... wajar saja komponen didekatnya bisa rusak.

"Terkadang komponen yang terlihat bagus secara fisik belum tentu kinerjanya juga masih bagus"

Sekian dulu tips dari saya tentang Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati. Semoga pengalaman saya ini bisa berguna buat teman teman semua.

Jangan lupa tulis komentar ya sob... Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel